Senin, 29 Maret 2010

gaya hidup hijau : antara aku, pribadiku, orang sekitarku dan lingkungan ku..

  

.. let's write ..
'
green lifestyle..
sebuah kata yang jika dilaksanakan dengan baik tentunya kita tidak akan merana dan nelangsa seperti ini hidup di dunia.. haha.

di tulisan ini mungkin sya gak mau banyak memberikan ide-ide atau gagasan apa saja yang bisa kita buat untuk mendukung gaya hidup hijau..

saya cuma pingin mengomentari (indonesia banget, jagonya komentar!! haha..) beragam gaya hidup hijau yang ada di sekitaran saya.. dan juga tanggapan saya akan hal tersebut..

# kebiasaan dirumah..
rumah adalah awal terbentuk nya kepribadian seseorang.. seberapa besar waktu yang dilakukan seseorang diluaran sana, tentunya dia akan tetap kembali kerumah.. makanya, kalo mau menerapkan dan menanamkan "gaya hidup hijau" ya jelas dong,, kita harus menanam kan nya tuh dari rumah.. home sweet home.. :)

orang tua saya punya satu kebiasaan yang saya anggap itu sangat baik untuk mendukung gaya hidup hijau.. ayah saya selalu mengajarkan saya untuk hemat dengan hal yang nama nya LISTRIK! ayah saya selalu bangun jam setengah 5 hanya untuk mematikan lampu-lampu yang menyala di dalam rumah... ibu saya lain lagi,, ibu saya menjadi orang yang paling cerewet kalau lihat saya menggunakan pernagkat elektronik secara berlebihan..

sebagai seorang anak.. mungkin kita merasa ... apasih ini orang tua pada cerewet amat..(anak durhaka mode : on),, tapi sekarang saya menyadari.. memang apa yang diajarkan orang tua saya tuh merupakan hal yang baik.. dan kalau kita lihat.. itu punya banyak dampak yang jelas sangat baik untuk mendukung gaya hidup hijau.. :)
dengan mematikan lampu di pagi hari saja.. banyak hal yang kita bisa dapatkan..
-menghemat listrik.. (kan ikut mendukung program earth hour juga berarti.. hehe,)
-mendapat udara pagi yang segar..
-bangun lebih awal.. untuk memulai hari dengan baik.

#sekolah..
sekolah.. yayaya,, sekolah menjadi tempat kedua yang dikunjungi seorang anak setelah rumah..
sekolah juga merupakan tempat pembentukan kepribadian .. jadi jelas juga.. untuk menanamkan, melestarikan, mendukung, dan juga melaksanakan gaya hidup hijau tentunya harus juga kita lakukan di sekolah..

TK.. saya udah gak inget lagi.. hehehe...
tapi yang pasti sih ,, saya masih sedikiiiit inget.. ya,, kebiasaan kecil yang manjadi dasar.. seperti, membuang sampah pada tempatnya, menjaga kebersihan, dst.
tapi setelah saya pikir, hmmm sepertinya ide bagus kalo misalkan di tk juga diberikan pendidikan bagaimana mengolah barang2 bekas.. sehingga pendidikan gaya hidup hijau kan bisa dimulai dari kecill.. bukan begitu?

SD.. seingat saya.. sd saya tidak "bergaya" hidup hijau.. dengan posisi dimana 3 sd dalam satu area, juga disampingnya ada sungai kecil.. di pinggiran sungai banyak tukang dagang yang membuang2 sampah nya ke sungai.. jelas sekali ini gak ada kaitan nya sama gaya hidup hijau.. haha..
tapi perkembangan nya sekarang sih sudah lebih baik,, pengelola pedagang kaki lima yang sudah tertata rapi,, kemudian lingkungan sekolah nya sendiri pun sudah baik,, sudah rapi dan bernuansa lingkungan, yang kemudian telah saya sadarai bahwa, sd saya sudah mulai berwawasan lingkungan sekarang :)


SMP..
satu hal yang saya ingat sampai saat ini.. smp saya (smpn 4 bgr), menyediakan air mineral galon di tiap tiap kelas.. ya, minum gratisan lebih tepatnya, haha..

tapi sebenarnya ya,, kalu kita perhatikan, dengan adanya si minum gratisan itu.. mengurangi kecenderungan jajan es di sekolah.. jajan es... yang kemudian memperbanyak populaasi sampah plastik di tong sampah.. -__-'
dan juga menjaga kesehatan tentunya.. hehe.
(walaupun mungkin tukang es sedikit dirugikan dengan hal ini,, hhe..)

SMA.. ada beberapa hal yang saya ingat..
-penanaman pohon di jalan baru,, oleh osis sman6 bogor..
tujuan nya adalah untuk melestarikan lahan2 kritis yang ada di kota bogor,,
juga menghijaukan bogor, yang sudah mulai gersang di beberapa titik. lokasi pilihan nya adalah jalan baru.

tapi saya masih gak percaya,, pohon yang saya tanam masih sehat wal afiat .. padahal dari segi tempat aja itu jalan baru gersang banget.. tapi saya senang karna pohon-pohon yang kami tanam masih sehat dan tegak berdiri.. menandakan bahwa apa yang kita lakukan tidak sia-sia :')

-sumur resapan
konsepnya seperti ini..
sekarang banyak ditiru di sekolah2 lain,, dan juga ditempat dan daerah2 lain..
intinya membuat sumur di beberapa titik,, yang tujuan nya adalah menjadi tempat/wadah resapan air dan juga pencegah banjir dikala hujan.. dan juga sebagai cadangan air dikala musim kemarau.. hm,, fungsional bukan?

KULIAH..
nahh.. ini yang banyak saya tanggapi..
masih belum terasa dan terlihat gaya hidup hijau di kampus saya.. *kampus nya sensor ya..

- penggunaan sepeda
ada sih tempat parkir sepeda.. (kayanya mendukung bike to campus).. tapi dilihat2 jarang banget sepeda yang ada .. trus juga di rak parkir sepeda nya ada yang bertulisan "sepeda dapat dipinjam" (tp pd gambar ini tulisan nya gak ada )
... gimana mau minjem... sepeda nya aja gak ada.. hahahaha ... gatau ilang kemana..

- tong sampah dengan jenis sampah nya
hemm,, atau mungkin lebih tepatnya saya mau sebut "tong sampah tebak2an!!"
,, ya, karna tulisan nya yang ORGANIK,ANORGANIK,dan BERACUN.. tapi.. isinya lain lagi... bebassss mau diisi sampah apaan.. haha

- penggunaan kertas bekas
ya, penggunaan kertas bekas untuk mengurangi pemborosan kertas.. dan juga mengurangi global warming.. tapi faktanya, ngeprint laporan pake kertas bekas malah dibalikin.. hahahaha

dan untuk saya pribadi.. hal yang sedang saya tanamkan pada diri sendiri.. yaitu mengurangi penggunaan kantong plastik... karna selain cuma jadi sampah,, juga tentunya untuk melestarikan gaya hidup hijau itu sendiri...


SO..!!
beberapa pesan yang bisa saya sampaikan..

-untuk pembelian dengan jumlah sedikit, usahakan tidak usah menggunakan kantong plastik..

-matikan lampu sebanyak mungkin, kurangi pemakaian nya.
-hemat air ketika mandi
-kurangi konsumsi kertas berlebih.. (efisienkan pemakaiannya)
-gunakan sepeda.. untuk mengurangi konsumsi bbm, dan untuk kesehatan kita.
-TANAM POHON, minimal lakukan itu untuk diri kita sendiri.. :)

life's goes green.. :)
for our lovely earth..

1 komentar: